Rabu, 16 Januari 2013

David Bach: 90% Baik, Jahat 10%

Banyak hal baik yang telah dikatakan tentang David Bach, penulis buku The Millionaire Automatic. Saya berpikir bahwa karyanya sebagian besar baik, dan banyak hal-hal baik yang telah dikatakan tentang dirinya. Bukunya sangat membantu bagi mereka yang baru mulai menarik diri keluar dari utang, dan mulai membangun tabungan mereka. Saya tidak akan mengulangi hal-hal positif yang telah dikatakan. Sebaliknya, aku akan fokus pada apa yang saya tidak suka tentang buku-bukunya.

Pertama-tama, Bach memiliki cara menyederhanakan hal. Sepanjang buku ini, ia menggunakan contoh bagaimana Anda akan berakhir dengan sejumlah uang astronomi, jika Anda berhenti membeli minuman kopi, dan menginvestasikan uang di sebuah pengembalian tahunan 10%. Tentu saja, dia tidak benar-benar memberitahu Anda di mana Anda bisa mendapatkan pengembalian tahunan 10%. Dia menari di sekitar masalah ini dalam bukunya, dan menyebutkan sekelompok broker dan reksa dana, tapi saya tidak melihat salah satu dari mereka menjamin pengembalian tahunan 10%.

Seperti banyak penulis keuangan populer saat ini, buku Bach berbunyi seperti iklan. Memang The Millionaire otomatis berisi 5 halaman penuh iklan untuk website nya, buku-buku lain, dan 10 CD-nya ditetapkan untuk Sistem Millionaire Audio lengkap otomatis. Dan, apakah Anda menyadari bahwa Bach merek dagang istilah "Faktor Latte (TM)"? Boy, saya harap saya tidak berutang royalti Bach untuk menulis posting ini.

Selain dari ini, tidak ada yang irks saya lebih dari tiga Bach paragraf meliputi "leverage" panjang. Dalam satu bagian, Bach menggambarkan membeli rumah $ 250.000 dengan $ 50.000 ke bawah. Dia menyatakan bahwa jika nilai rumah itu naik menjadi $ 300.000, maka investor telah dua kali lipat uangnya. Cukup adil. Tapi, ia melanjutkan untuk menyelesaikan bagian dengan ayat berikut.


    Selama lima tahun terakhir, banyak rumah telah dua kali lipat harga. Pikirkan
    apa ini berarti dalam hal leverage. Jika Anda menginvestasikan $ 50.000 dalam sebuah
    $ 250.000 rumah lima tahun yang lalu dan sekarang bernilai $ 500.000, Anda telah membuat $ 250.000 pada investasi $ 50.000. Dalam lingkaran investasi, yang disebut lima bagger - 500 menakjubkan persen pengembalian uang Anda.


Bicara tentang berkilauan generalisasi! Dalam setiap cakupan bertanggung jawab atas topik leverage, penulis akan menjelaskan bahwa leverage adalah pedang bermata dua. Sementara satu dapat membuat keuntungan outsized di pasar up, kehilangan seseorang juga bisa dikalikan di pasar bawah. Di pasar saham, contoh paralel membeli saham pada margin. Dalam hal ini, Anda menggunakan leverage dengan harapan membuat keuntungan dikalikan ketika pasar saham naik. Di sisi lain, jika saham turun, Anda bisa kehilangan seluruh investasi Anda dan banyak lagi.

Bach bahkan tidak menyebutkan potensi downside leverage di mana saja di halaman buku 240 nya, ia hanya membahas terbalik. Saya berpikir bahwa kelalaian David Bach di sini adalah yang terbaik tidak bertanggung jawab, dan paling buruk kriminal. Sementara kriminal panjang mungkin menjadi penilaian keras dari The Millionaire Otomatis, itu tetap akurat. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa prospektus reksa dana memiliki pernyataan yang berbunyi seperti ini:


    Kinerja masa lalu bukan merupakan indikasi kinerja masa depan.


Apakah Anda tahu mengapa reksa dana yang diperlukan oleh regulator pemerintah untuk mencetak ini dalam prospektus mereka? Itu karena itu benar! Anda tidak dapat membuat asumsi bahwa jika investasi meningkat nilai pada tingkat tertentu, bahwa ia akan terus melakukannya di masa depan. Demikian pula, Anda tidak bisa hanya berasumsi bahwa jika pasar saham telah kembali rata-rata 10% selama beberapa tahun, bahwa hal itu hanya akan terus melakukan itu di masa depan. Jelas, Bach sangat menyiratkan bahwa membeli rumah di pasar sudah terlalu panas adalah investasi besar. Dan pada saat itu, dia menjajakan saran kepada mereka yang paling mungkin untuk tahu lebih baik.

Pokoknya, begitu banyak untuk David Bach. Seperti yang saya katakan, materinya cukup bagus untuk orang yang baru mulai menarik diri dari utang. Saya akan mengatakan bahwa buku-bukunya yang mengandung sekitar 90% nasihat yang baik. Ini adalah 10% lainnya bahwa saya memiliki masalah dengan.

Jelas, meskipun, ada buku keuangan pribadi yang lebih baik yang tersedia. Saya akan merekomendasikan beberapa waktu diuji klasik. Rekomendasi pertama saya adalah The Man Terkaya di Babel, oleh George Clason. Buku kedua adalah The Barber oleh David Chilton Kaya. Buku-buku ini memiliki track record yang jauh lebih baik bahwa Bach, dan saya berpikir bahwa mereka lebih baik akan menahan ujian waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar